Sate Karangdempul

05.47

Bagi para pecinta makanan berdaging terutama sate kambing pastinya sudah gak asing lagi sama sate khas tegal. Nah kulinerzone akan mengajak para pembaca ke Bumiayu, tepatnya di Karangdempul Di jalan yang sempit dan sedikit menanjak ini kita akan menemukan warung sate "Nur Sholeh".Buka mulai pukul 10.00 dan tutup jika sudah habis, biasanya belum sampai ashar sate sudah habis.


Agak susah menjelaskan letak Karangdempul,jika anda dari arah Jakarta, masuk ke kota Bumiayu(bukan jalur lingkar luar kota). Sampai ke taman makam pahlawan kira-kira 50 meter anda sudah bisa menemukan warung ini. Tempatnya sederhana, tapi satenya RUUUAR biasaaa !!!

tampak depan warung sate "Nur Soleh"

Jika anda masih kesulitan mencarinya, tanya saja pada orang jika anda sudah masuk ke kota bumiayu, dijamin anda tidak akan tersesat. Karena sate ini sudah cukup kondang namanya di daerah bumiayu.
Sepeeti kebanyakan sate didaerah Tegal, Bumiayu, jatibarang sate disini berbeda dengan sate dari daerah jogja,solo dll

apa sih yang membedakannya? ternyata sate dari daerah ini dipotong dengan ukuran besar" dan diberi gajih/lemak disetiap tusuknya, paling tidak ada 2 di setiap tusuknya. Biasanya jumlah daging bervariasi, di setiap tusuknya ada yang 4 dan ada yang 5. Hitungan satu porsi nya menggunakan kodian, yang satu kodi berisi 20 sate.

Satu hal lagi yang membuat sate dari daerah" ini lebih lezat dan maknyuuuuz. Yaitu cara membakarnya, membakarnya di atas bara, bukan diatas api, sate dibolak balik, hingga lemak yang ada menetes membasahi daging, inilah yang membuat satenya luuuar biasa. Gajih nya membuat sate nya gurih. pokoknya mantab lah. Selain itu membakarnya tidak terlalu matang, sehingga daging tidak terlalu gosong dan hitam, hanya setengah matang saja membakarnya.

Setelah selesai dibakar sate pun siap untuk disantap. Lho bumbunya? nah disini satu lagi keunikannya sate hanya diberi bumbu kecap dan ditambah irisan cabe, tomat dan bawang merah.

Sate dicelup bumbu kecap dan segera disantap, hemm irisan yang tebal begitu digigit terasa mak nyuss, gurihnya daging kambing berpadu dengan bumbu kecap, melahirkan sensasi luar biasa di lidah

Penasaran dengan sate Kardem (orang bumiayu biasa menyebut kardem, singkatan dari Karangdempul)... silakan mencoba sendiri dijamin anda akan ketagihan...



Seporsi sate yang berisi 20 tusuk (1 kodi)lengkap dengan sepiring nasi, bumbu kecap, dan bumbu kecap pedas

satu porsi sate (20 tusuk): 38.000 (harga per september 2009)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images